Seminar Metodologi Penelitian Bagi Dosen Dan Staff Stikes Hang Tuah Surabaya Tahun 2024

         Seiring dengan visi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan bereputasi internasional maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan dosen untuk meneliti dan dapat mempublikasikan di jurnal jurnal yang bereputasi. Untuk mewujudkan hal tersebut maka P3M seminar internal mengenai metodologi penelitian dan penulisan pelaporan hasil untuk untuk meningkatkan mutu penelitian bagi dosen di lingkungan STIKES Hang Tuah Surabaya , Jum’at (20/9) .

        Hadir sebagai pemateri ahli Dr. Mahmudah, Ir., M.Kes menjelaskan teknik menulis hasil penelitian berdasarkan hasil statistic. Dr. Mahmudah mengajak seluruh peneliti untuk kembali merefresh bagaimana penggunaan statistic disesuaikan dengan tujuan penelitian dan bagaimana melaporkannya dalam artikel penelitian untuk dapat terbit di jurnal yang bereputasi. Hal ini membuat peserta sangat antusias dalam materi ini terbukti terjadi perpanjangan waktu diskusi dan tanya jawab. Penjelasan narasumber yang santai dan mudah dipahami membuat kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara rutin. “ Salah satu hal menarik yang disampaikan adalah refresh wawasan mengenai teknik sampling yaitu “ penyebutan total sampling itu keliru yang benar adalah total populasi ” ujarnya..

        Selain itu, uji teori atau hipotesis yang diambil harus sesuai dengan apa yang diteliti, pilihan objek dan sampling penelitiannya juga harus spesifik dan terukur. “Peneliti juga harus bisa menentukan teknik pengumpulan data dan analisisnya harus dilakukan dengan prosedur yang benar sehingga menghasilkan data, bukan pendapat atau kesan peneliti yang bersifat subjektif,” paparnya.

        Sementara itu, Ketua STIKES Hang Tuah Surabaya Dr. AV. Sri Suhardiningsih, M,Kes., FISQUA menegaskan kembali bahwa seorang dosen sebagai peneliti harus bisa memberikan hasil penelitiannya dengan jujur ​​dan dapat meningkatkan kualitas bimbingan tugas akhir kepada mahasiswa bisa dipertanggungjawabkan keilmuannya secara akademis.

       Peneliti, tambah dia, harus bisa menunjukkan data yang mendukung hasil penelitiannya dengan benar dan memiliki persyaratan ilmiah yg memadai. “Semoga seminar ini bisa meningkatkan semangat dosen dalam meningkatkan kualitas penelitian dari segi metodologinya sehingga dapat meningkatkan reputasi perguruan tinggi di Tingkat nasional dan internasional melalui publikasi penelitian di jurnal bereputasi. ” harapnya.

  ( Penulis : Merina Widyastuti, Kaur Inovasi dan pengembangan dosen)

Scroll to Top